Tugas 7

 

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kodifikasi pengetahuan!

Tahapan selanjutnya dari memperluas pengetahuan. Dengan mengubah pengetahuan tacit menjadi bentuk yang eksplisit dan tangible seperti suatu dokumen, yang pengetahuan dapat dikomunikasikan secara lebih luas dan dengan sedikit biaya.

 

  1. Sebutkan dan jelaskan masalah masalah yang terdapat dalam kodifikasi pengetahuan!

 

  • Akurasi  adalah suatu penciptaan pengetahuan yang tingkat kedekatan pengukuran kuantitasnya tinggi yang mendekati nilai yang sebenarnya.

 

  • Kemudahan dimengerti artinya penciptaan pengetahuan yang mudah diterima dan dimengerti seseorang.

 

 

  • Aksesibilitas adalah penciptaan pengetahuan yang mudah dijangkau dan dimengerti.

 

  • Kredibilitas adalah penciptaan pengetahuan yang mudah dipercaya dari keakuratan nilainya.

 

 

  1. Sebutkan dan jelaskan teknik dan metode dalam kodifikasi pengetahuan!

 

  • Pemetaan Kognitif  adalah cara yang pengetahuan yang ditangkap karena peta juga menangkap konteks dan antarhubungan yang kompleks antara konsep-konsep kunci yang berbeda. Peta kognitif berdasarkan pemetaan konsep (Leake et al., 2003), peta konsep merepresentasikan konsep dan relasi dalam bentuk grafik dua dimensi, dengan node/titik merepresentasikan konsep kunci yang dihubungkan oleh hubungan-hubungan (links) yang merepresentasikan proposisi.

 

Tujuan dari sistem ini adalah untuk mengorganisasikan lebih baik pengetahuan eksplisit dan menyimpannya dalam memori korporat untuk penyimpanan jangka panjang.

 

  • Pohon Keputusan adalah metode lain yang digunakan secara luas untuk mengkodifikasi pengetahuan eksplisit. Pohon keputusan biasanya dalam bentuk flowchart, dengan jalur (path) alternatif mengindikasikan dampak dari

keputusan berbeda yang dibuat pada titik waktu itu. Bentuk grafiknya membuatnya mudah dimengerti dan pohon keputusan tentu saja sangat sesuai untuk pengkodingan pengetahuan proses.

 

  • Taksonomi Pengetahuan adalah membuat pengetahuan dapat secara gambar direpresentasikan sehingga merefleksikan organisasi konsep dalam bidang keahlian khusus atau untuk organisasi secara lebih luas. Taksonomi adalah sistem klasifikasi dasar yang membuat kita dapat menggambarkan konsep dan ketergantungannya, biasanya dalam bentuk hierarki. Makin tinggi konsep diletakkan, makin umum atau generik konsep tersebut. Makin rendah suatu konsep ditempatkan, makin spesifik hal tersebut pada kategori level tinggi. Konstruksi taksonomi melibatkan identifikasi, mendefinisikan, membandingkan dan mengelompokkan elemen.

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi

 

Stimik, MDP, 2012. Menangkap(Capture), Kodifikasi(Codification),Dan Berbagi(Sharing) Pengetahuan [ppt] Available at : < http://www.mdp.ac.id/materi/2012-2013-1/TI413/052098/TI413-052098-761-11.pptx > [Accessed 21 Maret 2013].

 

Fajriah, Riri, 2011. Capturing Tacit Knowledge [doc] Available at: < http://kk.mercubuana.ac.id/files/18047-4-292020447773.doc > [Accessed 16 Februari 2013].

 

Advertisements
This entry was posted in Group 2. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s