Tugas 6

 

Pendidikan merupakan sebuah aset paling penting bagi suatu bangsa dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya. Kualitas tersebut dapat dilihat dari kemampuan lulusan suatu lembaga pendidikan. Hal ini sejalan dengan hasil yang ingin dicapai dari dinas pendidikan yaitu mewujudkan pendidikan yang bermutu, relevan dengan kebutuhan masyarakat dan memiliki daya saing pada era globalisasi saat ini. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, dinas pendidikan nasional membuat suatu standart pendidikan yang tertuang dalam peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standart pendidikan nasional. Bagi sekolah yang telah memenuhi standart, maka status sekolah tersebut akan menjadi SSN (Sekolah Standar Nasional). Sedangkan untuk bersaing didunia global, sekolah harus memiliki nilai plus selain terpenuhinya standar standar pendidikan nasional, sehingga suatu sekolah yang memiliki nilai plus termasuk ke dalam sekolah dengan status RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional). Karena adanya status SSN dan RSBI maka menyebabkan perbedaaan kualitas kemampuan yang dimiliki sekolah dalam melakukan pengelolaan pengetahuan. Dikarenakan knowledge atau pengetahuan merupakan suatu keunggulan kompetitif yang dapat membantu peningkatan kinerja serta kompetensi tiap individu dalam berbagi, maka salah satu strategi yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan Knowledge Management (KM). Dengan mengelola pengetahuan dirasa tidak hanya mampu meningkatkan pengetahuan seluruh organisasi, namun juga mampu meningkatkan kualitas pengetahuan di dalamnya.

 

Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan suatu sekolah, maka perlu diterapkan pula E-Learning dalam suatu pendidikan. Contoh dari E-Learning adalah penciptaan website untuk sekolah. Kami mengambil kasus penciptaan website sekolah karena website sekolah mampu mencakup segala hal dalam bidang pendidikan, seperti

  • Sebagai tempat untuk berbagi pengetahuan.
  • Sebagai tempat dalam melakukan tes atau quiz.
  • Sebagai tempat untuk lebih mendekatkan antara guru dan murid.
  • Sebagai papan pengumuman online
  • Juga bisa digunakan oleh orang tua murid untuk mengecek nilai anaknya.

 

 

Penciptaan website sekolah menggunakan Nonaka Model, yaitu

 

  • Tacit to Tacit

Awal pembuatan melalui ide pakar yang mendiskusikan mengenai teknik pendidikan yang dinilai dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

 

  • Tacit to Explisit

Si pakar kemudian mendiskusikan ide tersebut dengan Kepala Sekolah dan Staff.

 

  • Explicit to Explicit

Ide si pakar kemudian di diskusikan dalam sebuah forum sekolah dan didokumentasikan. Hasilnya semua hal yang berkaitan dengan pendidikan didalam sekolah tersebut disimpan dalam sebuah server sehingga mempermudah sistem belajar mengajar dan sistem tersebut berbentuk website sekolah.

 

  • Explicit to Tacit

Menyediakan ruang baca yang berisikan materi materi sekolah, sebagai ruang online untuk mengadakan tes, sebagai ruang diskusi, sebagai papan pengumuman online dan lain sebagainya.

 

 

Website sekolah ini sendiri menggunakan metode dan teknik Capturing Knowledge atau Penangkapan Pengetahuan. Metode yang digunakan pada website adalah interview terstruktur, yaitu

 

  • Clarifying adalah membuat si pakar mengetahui bahwa pesan tidak langsung dapat diketahui.

Yang memiliki tujuan agar si pakar terdorong untuk mengklarifikasi pesan awal sehingga si penanya mendapat gambaran lebih jelas terhadap pesan tersebut.

 

  • Summarizing adalah membantu si penanya mengkompilasi potongan potongan informasi dan menjadikannya lebih memiliki makna keseluruhan.

Yang bertujuan untuk mengkonfirmasikan bahwa pesan si pakar telah didengar dan dimengerti dengan benar.

 

Sedangkan teknik yang digunakan adalah E-Learning dimana dalam hal ini sistem secara traditional dan kemampuan atau keahlian berbasis komputer dan internet dapat digabungkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

 

Seperti yang sudah kita tahu, internet menghubungkan kita dengan pengetahuan yang tidak ada batasnya. Oleh karena itu penciptaan website sekolah dirasa akan meningkatkan pengetahuan murid dan juga menambah pengetahuan dan kemampuan guru guru pada sekolah tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi

 

Fajriah, Riri, 2011. Capturing Tacit Knowledge [doc] Available at: < http://kk.mercubuana.ac.id/files/18047-4-292020447773.doc > [Accessed 16 Februari 2013].

 

Perpuspedia,E-Learning. [online] Available at < http:// digilib.undip.ac.id /index.php/component/content/article/53-perpuspedia/200-e-learning-> [Accessed 25 Februari 2013]

 

 

Advertisements
This entry was posted in Group 2. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s